Abstrak


Penerapan Model Belajar Permainan untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Lari Jarak Pendek pada Siswa Kelas V SD Negeri I Surorejan Tahun Ajaran 2010 / 2011


Oleh :
Titi Lestari - X4709202 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan Penelitian adalah untuk  mengetahui partisipasi  siswa dalam  pernbelajaran lari jarak  pendek  melalui  penerapan model  belajar permainan.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan  Kelas  ( Classroom Action Research), pertemuaaan  dalam penelitian  ini berjumlah  dua kali dan setiap  pertemuan  menunjukkan tahapan  perkembangan proses pembelajaranmpendidikan jasmani dengan  materi  lari jarak  pendek.
Subyek  penelitian ini adalah siswa SD Negeri I Surorejan kelas V pada semester  dua tahun ajaran 20I0/2011  dengan  jumlah siswa  seluruh  37 dengan  perincian 24  siswa laki-laki dan  13 siswa perempuan. lnstrurnen yang digunakan untuk pengambilan data pada  penelitian ini adalah  lembar pengamatan. Analisis data  yang  digunakan   dalam penelitian ini adalah  analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model belajar permainan dalam pembelajaran pendidikan jasmani dengan materi lari jarak pendek dapat meningkatkan partisipasi  siswa dalam mengikuti  pembelajaran.
Peningkatan partisipasi siswa dapat  dilihat dari kondisi awal, siklus I sampai  siklus II. Pada siklus I terjadi peningkatan partisipasi  dari  48,64% di kondisi awal  menjadi 67,6?n siklus  II meningkat lagi menjadi  83,8%.