Abstrak


Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Straddle melalui Model Pembelajaran Team - Game - Tournament pada Siswa Kelas VIIIA MTS Assalam Kejene Tahun Pelajaran 2013/2014


Oleh :
Alfi Mubarok - K4608003 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan Penelitian  ini adalah untuk meningkatkan  basil belajar lompat tinggi gaya straddle  siswa  kelas VIIIA  MTS  Assalam  Kejene  tahun pelajaran 2013/2014 melalui penggunaan model pembelajaran Team - Game - Tournament.
Penelitianini merupakan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua sikJus,dengan tiap sikJus terdiri atas perencanaan,pelaksanaan tindakan ,observasi dan refleksi.  Subjek  penelitian   adalah  siswa  kelas  VIIIA  MTS  Assalam  Kejeneyang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan  teknik  pengumpulan  data  berupa  tes  dan observasi.  Instrumen  yang digunakan berupa tes ketrampilan  lompat tinggi gaya straddledan lembar observasi.Penelitian tindakan kelas ini menggunakan  triangulasi data. Teknik analisis data yang  digunakan  dalam pelaksanaan  siklus penelitian  tindakan kelas  ini adalah deskriptif dengan menggunakan  prosentase.
Hasil dari penelitian tindakan kelas ini adalah:Pada sikJus !,basil belajar siswa adalah  50%  terdiri  dari 400/o  pada  kategori  cukup, 100/o  pada kategori  baik dan 00/o pada kategori  sangat baik.Sedangkan yang tidak tuntas  sebesar 50% terdiri dari 00/o kategori  kurang sekali dan 50% pada kategori  kurang.Selanjutnya pada pelaksaoaao sikJus II mengalami  peningkatan  menjadi 83,33% terdiri dari 26,67% pada kategori cukup,36,67% pada kategori baik dan 200/o pada kategori sangat baik,sedangkan  yang tidak tuntas sebesar  16,67% terdiri dari 0% pada kategori kurang sekali dan  16,67% pada kategori kurang. Adapun target capaian yang telah ditentukan adalah 75%.
Dengan demikian dapat disimpulkan  bahwa penggunaan  model pembelajaran Team Game - Tournament.  sangat efektif dalam meningkatkan  basil belajar lompat tinggi siswa kelas VIIIA MTS Assalam Kejene.

Kata Kunci : basil belajar, lompat tinggi, gaya straddle, model pembelajaran Team - Game - Tournament