Abstrak


Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Karyawan pada PT Batik Danar Hadi Surakarta


Oleh :
Devita Ratna Savitri - D1516025 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Pengamatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan Jaminan Sosial Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Karyawan pada PT Batik Danar Hadi Surakarta.
Metode yang digunakan dalam pengamatan ini adalah metode pengamatan deskriptif  kualitatif dimana data yang dikumpulkan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, mengkaji dokumen dan perekaman. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan, selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, yaitu data yang menggambarkan secara rinci tentang objek pengamatan menurut kondisi aslinya.
Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan, bahwa program Jaminan Sosial Tenaga Kerja yang ada pada PT Batik Danar Hadi Surakarta meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan. Upaya tersebut merupakan suatu perlindungan bagi tenaga kerja dalam bentuk santunan berupa uang sebagai pengganti sebagian dari hasil yang hilang atau berkurang dan pelayanan sebagai akibat peristiwa atau kejadian yang dialami oleh tenaga kerja berupa kecelakaan kerja, sakit, hamil, bersalin, hari tua, dan meninggal dunia. Selain program Jaminan Sosial Tenaga Kerja PT Batik Danar juga memiliki program kesejahteraan karyawan meliputi, Sumbangan Pernikahan, Sumbangan Kematian, Sumbangan Rekreasi, Pengajian Rutin, Program Olahraga, Cuti dan Pembagian Beras 2 kali dalam setahun.


Kata Kunci : Pelaksanaan, Program Jamsostek  Dan Kesejahteraan Karyawan