Abstrak


Sistem Informasi Electronics Leitz Ordner dalam Pengelolaan Arsip Keuangan di PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Surakarta


Oleh :
Fitriana Sekar Indriani - D1516037 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Perkembangan  teknologi  yang  pesat  berjalan  sesuai  dengan berkembangnya ilmu pengetahuan. Teknologi diciptakan untuk memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dengan memberikan banyak kemudahan untuk melakukan berbagai aktivitas  manusia, salah satunya adalah teknologi informasi. PT. TASPEN (Persero) Kantor Cabang Surakarta memanfaatkan teknologi untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, salah satunya untuk mengelola arsip secara elektronik dengan tujuan terciptanya tertib arsip dan dokumentasi di unit kerja kantor PT. TASPEN (Persero) Kantor Cabang Surakarta.

Pengamatan yang dilakukan mempunyai tujuan untuk menilai bagaimana sistem informasi Electronics Leitz Ordner dalam pengelolaan arsip keuangan di PT. TASPEN (Persero) Kantor Cabang Surakarta. Data primer didapatkan dengan menggunakan wawancara dan observasi secara mendalam terhadap narasumber yaitu pegawai kantor PT. TASPEN (Persero) Kantor Cabang Surakarta, meliputi staf bagian Sumber Daya  Manusia dan  staf pelaksana administrasi  keuangan. Sedangkan data sekunder diperoleh dengan mengkaji dokumen dan arsip pada buku dan dokumen yang terkait dengan materi yang penulis sampaikan.

Hasil pengamatan menyatakan bahwa sistem informasi Electronics Leitz Ordner dalam pengelolaan arsip keuangan di PT. TASPEN (Persero) Kantor Cabang Surakarta dilakukan oleh bagian terkait  yaitu petugas dosir keuangan yang  sudah  diberikan  tanggung  jawab  dalam  pengelolaan  dosir  pada  aplikasi ELO. Aplikasi ELO sudah sangat membantu karyawan dalam pengelolaan dan terlebih lagi pada penyimpanan arsip. Meskipun masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan aplikasi ELO, pihak PT. TASPEN (Persero) Kantor Cabang Surakarta juga berusaha meminimalisasi hambatan dengan beberapa upaya untuk meningkatkan kualitas dan ketepatan dalam pelaksanaan sistem informasi ELO sehingga dapat berjalan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang diterapkan oleh pihak perusahaan.

Kata kunci : Sistem Informasi, Arsip, Arsip Keuangan, Electronics Leitz Ordner