Abstrak


Efektivitas Pengaturan Presidential Threshold dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden dan Dampaknya Terhadap Hak Konstitusional Partai Politik Baru (Studi Terhadap Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum)


Oleh :
Muhammad Mukhtarrija - S311608008 - Pascasarjana

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis , Efektivitas Pengaturan Presidential Threshold  dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden dan Dampaknya Terhadap Hak Konstitusional Partai Politik Baru (Studi Terhadap Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum). Selain itu juga mengkaji tentang model ideal dalam menghadapi pemilihan umum serentak agar tidak merugikan hak politik partai baru peserta pemilihan umum.
Penelitian ini adalah penelitian hukum. Sifat penelitian preskripif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan undang-undang, pendekatan historis dan pendekatan konseptual. Penelitian ini menggunakan bahan hukum primer dan sekunder.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa  : pengaturan presidential threshold dalam undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum memiliki ketidakefektifan dan merugikan hak politik partai baru peserta pemilihan umum.  Pemberlakuan undang-undang nomor 7 tahun 2017 memiliki dampak secara secara konstitusional terhadap hak partai politik baru diantaranya : eksistensi partai politik peserta pemilihan umum baru dan politik kepentingan (politik transaksional). Penggunaan konsep  pengaturan presidential threshold dalam pemilihan umum serentak tahun 2019 tidak ideal karena rawan terjadi gugatan keabsahan hasil pemilihan umum oleh  partai politik baru peserta pemilihan umum tahun 2019.


Kata Kunci : Presidential Threshold  , Pemilihan Umum, Partai Politik, Konstitusional.