Abstrak


Upaya Peningkatan Keterampilan Passing Permainan Sepak Bola melalui Pembelajaran yang Dimodifikasi pada Siswa Kelas IV SDN Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012


Oleh :
Tarjiun - X4711235 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan  penelitian  untuk  meningkatkan  basil  belajar  siswa  dalam pembelajaran   sepak   bola   melalui   modifikasi   pembelajaran   dengan   penerapan modifikasi alat bantu permainan sepak bola sehingga tujuan pembelajaran tercapai.
Penelitian ini menggunakan metode action research (tindakan kelas). Adapun subyek   adalab   seluruh   siswa   kelas   IV   SD  Negeri      Karanganyar   Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal, Tahun Pelajaran 2011/2012. Jumlab subyek yang digunakan adalah sebanyak 30 siswa, terdiri dari  20 siswa putra, dan IO siswa putri.
Data  basil  penelitian  ini  berupa  hasil  belajar  siswa  mengenai  kemampuan siswa dalam pembelajaran Sepak bola  kondisi awal, pembelajaran pada sik.lus l, dan pembelajaran  pada  sik.lus  ke  2.  Hasil  belajar  siswa  berbentuk   skor  total  yang diperoleh siswa dalam penilaian dari setiap komponen pembelajaran sepak bola. Penilaian  diperoleh  melalui lembar penilaian dan  observasi yang diisi I dinilai oleh penel.iti  dan observer  berdasarkan    hasil  belajar yang ditampilkan  siswa  pada  saat pelaksanaan tes.
Dalam penelitian tersebut terdapat peningkatan  pada siswa dari kondisi awal ke sik.lus I  dan sik.lus 2, baik dari peningkatan nilai rata-rata maupun nilai ketuntasan hasil  belajar.  Nilai  rata-rata  kemampuan  aktifitas  sepak  bola  pada  kondisi  awal (63,9), sik.lus I   (69,2) dan siklus 2 (85,5), sehingga peningkatan dari kondisi awal ke siklus  2 sebesar  (21,6).  Dari banyaknya  siswa sebesar  I 00% siswa  yaitu 30  siswa dari   jumlab    keseluruhan    30   siswa   memiliki    nilai   di   atas   nilai   ketuntasan minimal/KKM  (75).  Sedangkan  pada  kondisi  awal  hanya  7 siswa  (23%)  dari  30 siswa   yang   memiliki   nilai   di   atas   KKM   (75).   ha!  ini   menunjukkan   adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 21,6?ri kondisi awal.
Kesimpulan  penelitian  babwa  modifikasi  pembelajaran yang  sesuai dengan latar belakang permasalahan  dan kriteria siswa pada pembelajaran sepak bola dapat meningkatkan   hasil  pembelajaran  siswa  pada  materi  keterampilan   dasar  passing dalam sepak bola  secara optimal.

Kata Kunci : Hasil belajar, sepak bola, modifikasi pembelajaran