Abstrak


Pengaruh Keadilan Organisasional pada Kinerja Karyawan dengan Leader – Member Exchange sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Karyawan UPT. Perpustakaan Universitas Sebelas Maret)


Oleh :
Yunanto Saputro - F0211107 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keadilan organisasional (keadilan distributif, keadilan prosedural, dan keadilan interaksional) pada kinerja karyawan dengan leader-member exchange sebagai variabel mediasi. Objek penelitian ini dilaksanakan pada UPT. Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Responden dalam penelitian ini merupakan karyawan yang bekerja di UPT. Perpustakaan Universitas Sebelas Maret. Unit analisis pada penelitian ini adalah dyad. Metode pengambilan data responden pada penelitian ini yaitu sensus dengan menggunakan kuesioner.
Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dan hierarchical regression analysis. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari keadilan distributif, keadilan prosedural, dan keadilan interaksional sebagai variabel independen, dan kinerja sebagai variabel dependen. Selanjutnya variabel keadilan organisasional dimediasi dengan variabel leader-member exchange pada kinerja.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keadilan distributif dan keadilan prosedural berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja, namun bertolak belakang dengan keadilan interaksional yang berpengaruh positif dan tidak signifikan pada kinerja. Hasil mediasi menunjukkan bahwa leader-member exchange memediasi pengaruh keadilan distributif, keadilan prosedural, dan keadilan interaksional pada kinerja.