Abstrak


Hubungan Aktivitas Fisik dengan Usia Menarche pada Siswi SMP Negeri 1 Surakarta


Oleh :
Oktania Imas Widyasmoro - G0013186 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Latar Belakang: Perkembangan teknologi menyebabkan populasi remaja yang tidak aktif semakin meningkat. Penurunan aktivitas fisik dan usia menarche dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik dengan usia menarche di SMP Negeri 1 Surakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross-sectional dengan sampel sebanyak 247 siswi di SMP Negeri 1 Surakarta. Usia menarche (variabel  terikat)  diukur  dalam  tahun,  aktivitas  fisik  (variabel  bebas)  diukur dengan Youth Physical Activity Questionnaire (YPAQ), dan data IMT/U (variabel perancu) dianalisis dengan kurva CDC. Data akan dianalisis dengan uji chi square untuk uji bivariat dan uji regresi logistik biner untuk uji multivariat.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan rerata usia menarche yaitu 11.6 tahun dan 75.3% siswi tergolong tidak aktif. Aktivitas fisik secara signifikan berhubungan negatif dengan usia menarche (p=0.00; <0 RR=3.52, xss=removed p=0.258;>0.05).
Simpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan terbalik antara aktivitas fisik dengan usia menarche.