Abstrak


Penggunaan Bahasa Remaja pada Provoke Magazine Online


Oleh :
Desni Audini - C0212018 - Fak. Ilmu Budaya

Abstrak

Penelitian   ini   mengkaji   penggunaan   bahasa   remaja   pada   Provoke Magazine Online. Masalah yang akan dibahas adalah (i) bagaimanakah karakteristik   penggunaan   bahasa   Indonesia   pada   Rubrik   Special   Provoke Magazine Online?;  (ii)  faktor-faktor  apa saja  yang  mempengaruhi  munculnya bahasa remaja pada Rubrik Special Provoke Magazine Online?

Jenis penelitan yang dipilih kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah Provoke Magazine Online dan dipilih Rubrik Special pada bulan Oktober, September, November, Desember 2015,  dan Januari 2016. Adapun data yang digunakan yakni kata, frasa, dan kalimat yang mengandung ciri khas bahasa remaja.  Metode  penyediaan  data  yang  digunakan  adalah  metode  simak  dan metode lanjutan catat. Metode analisis data menggunakan metode padan.

Hasil penelitian terhadap karakteristik penggunaan bahasa remaja Provoke Magazine Online dijelaskan sebagai berikut: (1) karakteristik penggunaan bahasa yang ditemukan di antaranya terdapat monoftongisasi, reduksi, afiksasi, ragam lisan, interferensi morfologi, alih kode dan campur kode, dan bahasa prokem. (2) faktor yang mempengaruhi penggunaan bahasa remaja yakni situasi, partisipan, end (maksud dan hasil), act sequence (bentuk dan isi pesan), key (nada dan cara), instrumentalities (saluran dan bentuk bahasa), norms, dan genre.

Kata Kunci : Penggunaan Bahasa, Bahasa Remaja, Sosiolinguistik