;

Abstrak


Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan KIT Listrik untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa MAN 3 Tasikmalaya


Oleh :
Nur Arip Budiman - S081608021 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan modul pembelajaran Fisika berbasis inkuiri terbimbing berbantuan KIT Listrik  yang memenuhi kriteria sebagai suatu model yang layak.; 2) Mengetahui karakteristik pengembangan Modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing berbantuan KIT Listrik dalam pembelajaran fisika; 3) Mengetahui efektivitas modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing berbantuan KIT Listrik  dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Penelitian  pengembangan  ini  mengadaptasi  model  pengembangan  Thiagarajan  yang terdiri dari empat langkah yang dikenal dengan 4D. Adapun langkah pengemba ngannya yaitu: 1) Define; 2) Design; 3) Develop; 4) Disseminate. Analisis kelayakan modul berdasarkan validasi ahli materi, bahasa, dan media, serta validasi reviewer dan peer reviewer. Analisis peningkatan keterampilan proses sains menggunakan N-Gain.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Modul fisika berbasis inkuiri terbimbing berbantuan KIT Listrik yang telah dikembangkan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran berdasarkan analisis uji validasi, didapatkan rerata nilai sebesar 3,50 dalam skala 4 dan termasuk kategori “baik”; 2) Modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing berbantuan KIT Listrik memiliki yang dikembangkan memiliki karakteristik proses berupa tahapan aktivitas belajar siswa yang berorientasi pada proses (kerja ilmiah) dan menekankan pada proses penemuan, melalui kerja kelompok mampu menumbuhkan sikap kerjasama, teliti, tanggung jawab, dan toleran, disamping itu juga dapat menghasilkan produk ilmiah berupa rumusan simpulan diskusi berupa deskripsi konsep fisika; 3) Modul yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran fisika sehingga dapat meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa, hal ini ditunjukan dengan nilai gain yang memberikan gambaran adanya perubahan (kenaikan) KPS siswa setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan modul fisika berbasis inkuiri terbiimbing berbantuan KIT Listrik. N- gain yang didapatkan sebesar 0,65 yang memberikan gambaran bahwa peningkatan skor pretest ke posttest tergolong dalam kategori “baik”.

Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, KIT Listrik, Keterampilan Proses Sains