Abstrak


Evaluasi Instruksi Kerja dan Ijin Kerja Keselamatan Confined Space pada Proses Pembersihan Wheat Silo dan Pellet Silo di PT. XYZ dengan Analisis GAP


Oleh :
Aprilia Kusuma Dewi - R0016010 - Fak. Kedokteran

Abstrak

Latar Belakang :  Silo  termasuk dalam ruang terbatas  yang memiliki  risiko  bahaya keselamatan dan kesehatan kerja. Dalam rangka memberikan jaminan perlindungan terhadap pekerja diperlukan peraturan perundang-undangan, program memasuki ruang terbatas dan persyaratan ataupun prosedur untuk memasuki dan bekerja di dalam ruang terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keselamatan confined space pada proses pembersihan Wheat Silo dan Pellet Silo dengan konsep analisis menggunakan peraturan Pedoman Keselamatan dan Kesehatan Kerja Ruang Terbatas (Confined Space) No. KEP. 113 /DJPPK/IX/2006.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan mengetahui penerapan prosedur keselamatan ruang terbatas dalam proses pekerjaan dalam pembersihan silo yang telah dilaksanakan di PT. XYZ.

Hasil : Hasil evaluasi prosedur pembersihan wheat silo dan pellet silo dengan peraturan
Pedoman Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Ruang Terbatas (Confined Space) No. KEP.
113 /DJPPK/IX/2006 nomor 3 program memasuki ruang terbatas dan nomor 5 ijin kegiatan masuk dalam rentan 91% - 99% yaitu prosedur kerja dan persyaratan dijalankan  namun belum konsisten. Parameter nomor 4 sistem perijinan masuk dalam rentan 76% - 90% yaitu beberapan prosedur kerja belum dijalankan namun persyaratan lain dijalankan dengan baik terdapat satu kesenjangan pada nomor 4.1.f

Simpulan : Perusahaan telah melaksanakan prosedur keselamatan kerja ruang terbatas sesuai dengan work instruction dan work permit yang telah dibuat. Hal ini sesuai dengan peraturan Pedoman Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Ruang Terbatas (Confined Space) No. KEP. 113 /DJPPK/IX/2006 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Dalam pelaksanaannya ditemukan satu parameter yang belum ada dalam prosedur dan beberapa beberapa prosedur tidak konsisten dilaksanakan sehingga diperlukan perbaikan dalam prosedur dan konsistensi pelaksanaan pekerjaan sesuai prosedur.

Kata Kunci : Evaluasi Confined Space, Analisis Gap