Abstrak


Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pesawat Angkat dan Angkut Gantry Crane dalam Proses Pengangkatan Girder di PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, Kabupaten Boyolali Jawa Tengah


Oleh :
Putri Enggal Maharani - R0016080 - Fak. Kedokteran

Abstrak

Latar Belakang : Gantry   crane   merupakan   alat   yang   berfungsi   untuk mengangkut benda- benda besar dengan sistem kerja statis dan pengoperasianya menggunakan remot kontrol. Penggunaan gantry crane untuk pekerjaan erection girder tentunya menimbulkan potensi bahaya yang beresiko tinggi. Untuk mencegah terjadinya potensi bahaya tersebut diperlukan penerpan keselamatan dan kesahatan kerja terhadap pesawat angkat angkut gantry crane baik dari faktor administrasi, faktor manusia, faktor alat, faktor lingkungan dan faktor kesehatan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan keselamatan dan kesehatan kerja pesawat angkat dan angkut gantry crane dalam proses pengangkatan girder di perusahaan.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk mengevaluasi Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pesawat Angkat  Angkut  Gantry Crane dalam Proses Pengangkatan Girder.

Hasil :  Penerapan  keselamatan  dan  kesehatan  kerja  pesawat  angkat  angkut gantry crane dalam proses pengangkatan girder di PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk mengalami kenaikan prosentase yang signifikan.

Simpulan : PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk sudah sangat baik menerapkan K3 terhadap pesawat angkat angkut gantry crane  hal ini dibuktikan dengan kenaikan prosentasi dari erection pertama hingga ketiga namun adapun beberapa hal yang belum terpenuhi sesuai dengan peraturan yang berlaku

Kata Kunci : Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Gantry Crane,
Pengangangkatan Girder