Abstrak


Gambaran Penerapan Program Inspeksi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebagai Upaya Pencegahan terhadap Potensi Bahaya dan Kecelakaan Kerja di PT.Haier Electrical Appliances Indonesia Bekasi, Jawa Barat


Oleh :
Dian Wahyu Indrawati - R0016021 - Fak. Kedokteran

Abstrak

Latar Belakang : Dalam usaha untuk melindungi tenaga kerja dari kecelakaan kerja maka diperlukan usaha untuk melindungi tenaga kerja dalam menjalankan pekerjaannya salah satunya yaitu dengan melaksanakan inspeksi K3 secara teratur dan terencana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan inspeksi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebagai upaya pencegahan terhadap potensi bahaya dan kecelakaan kerja di PT. Haier Electrical Appliances Indonesia.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan penerapan inspeksi K3 di PT. Haier Electrical Appliances Indonesia dan membandingkan dengan standar perundangan yang berlaku.

Hasil : PT. Haier Electrical Appliances  Indonesia telah  menerapkan program inspeksi  K3  yang meliputi  inspeksi  5S,  inspeksi  APD,  inspeksi  pemeliharaan toilet, inspeksi fasilitas pemadam kebakaran, inpeksi alat angkat-angkut, dan inspeksi lingkungan kerja. Pelaksana program inspeksi K3 di PT. Haier Electrical Appliances Indonesia yaitu pihak internal dan eksternal perusahaan. Tahap pelaksanaan inspeksi K3 di PT. Haier Electrical Appliances Indonesia meliputi tahap perisapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Data yang diperoleh kemudian dibahas dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Simpulan : PT. Haier Electrical Appliances Indonesia telah menerapkan program inspeksi K3 dan telah melakukan tindakan perbaikan dari setiap temuan yang ada.

Kata Kunci : Inspeksi K3, Kecelakaan Kerja, Potensi Bahaya