Abstrak


Perang Khandaq (Tahun 627 M): Studi Tentang Nilai-Nilai Kepemimpinan Dan Relevansinya Dengan Pengembangan Materi Sejarah Islam


Oleh :
Wulan Sariningsih - K4414054 - Fak. KIP

Abstak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Alasan mengapa faktor kepemimpinan menentukan kemenangan di Perang Khandaq, (2) Nilai-nilai kepemimpinan yang dapat diambil dari peristiwa Perang Khandaq, (3) Relevansi antara nilai-nilai kepemimpinan yang dapat diambil dari peristiwa Perang Khandaq (627 M) dengan materi Sejarah Islam.
Penelitian ini menggunakan metode historis. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer dalam penelitian ini berupa Al-Qur’an. Sumber sekunder dalam penelitian ini berupa hadist dan buku-buku yang relevan dengan pokok bahasan penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik studi pustaka (library reseacrh) dan teknik dokumenter. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis historis, analisis deskriptif dan analisis isi. Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri dari tahap heuristik, kritik (baik intern maupun eksten), interpretasi, dan historiografi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rasulullah sebagai pemimpin mampu menghadapi perubahan situasi perang dengan cepat dan akurat. (2) Nilai-nilai kepemimpinan dalam Perang Khandaq terdiri dari nilai-nilai taqwa kepada Allah, amanah dan bertanggungjawab, adil, tegas, dan visioner. (3) Kajian nilai-nilai kepemimpinan dalam Perang Khandaq relevan dengan materi ajar Sejarah Islam, khusunya materi mengenai eksistensi Islam pada masa Rasulullah di Madinah.
 
Kata kunci: nilai-nilai kepemimpinan, Perang Khandaq, Sejarah Islam