Abstrak


Penerapan model team quiz dengan media gambar dalam peningkatan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN 2 Krakal tahun ajaran 2017/2018


Oleh :
Devi Novitasari - K7111509 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran model Team Quiz yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD; (2) untuk meningkatkan pembelajaran Bahasa Indonesia tentang peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 2 Krakal Tahun Ajaran 2017/2018 melalui penerapan pembelajaran model Team Quiz; (3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pembelajaran kooperatif teknik Team Quiz dalam peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 2 Krakal Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Krakal Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 12 laki-laki dan 10 perempuan. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang dalan penelitian ini adalah analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah penerapan pembelajaran model Team Quiz dengan media gambar adalah sebagai berikut: (1)  Penerapan pembelajaran model Team Quiz dengan media gambar yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa adalah menggunakan langkah-langkah: (a) pengenalan media gambar, (b) pemilihan topik, (c) pembagian kelompok, (d) penyampaian format pelajaran, (e) penyampaian materi dengan gambar, (f) kuis antar kelompok, (g) penyimpulan bersama. (2) Model Team Quiz dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, hal ini terbukti dari hasil pra tindakan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 4,54% setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 72,72%, pada siklus II meningkat menjadi 86,36.. (3) kendala pelaksanaan yaitu keaktifan siswa belum merata baik saat berdiskusi maupun kegiatan kuis, adapun solusi terhadap kendala tersebut adalah guru membimbing setiap kelompok dan berinovasi memotivasi siswa agar lebih percaya diri.
Simpulan penelitian ini adalah: Model Team Quiz dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 2 Krakal dibuktikan dengan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa .

 

Kata kunci: team quiz,  berbicara, bahasa Indonesia