Abstrak


Meningkatkan Kompetensi Ketrampilan Shooting, Dribling, dan Throw In dalam Sepak Bola melalui Pengembangan Manipulatif pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Sambirejo Tahun Ajaran 2015/2016


Oleh :
Putut Setiyanto - K4610073 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Sambirejo yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 7 siswa putri dan 12 siswa putra. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian ketrampilan shooting, dribbling dan throw in pada bermain sepak bola, aktivitas belajar serta hasil belajar bermain bola besar sepak bola. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pengembangan manipulaif dapat meningkatkan kompetensi kemampuan shooting, dribbling dan throw in pada bermain sepak bola dan hasil belajar permainan bola besar sepak bola dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pembelajaran sepak bola sudah pernah diajarkan di kelas tersebut seperti yang telah direncanakan dalam silabus tetapi ada kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam belajar permainan bola besar sepak bola sehingga keterampilan bermain sepak bola belum sesuai, oleh karena itu hasil belajar bermain sepak bola selama pembelajaran berlangsung masih belum maksimal. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, hasil belajar bermain sepak bola siswa mencapai 73,61% atau sebanyak 14 siswa dari 19 siswa telah masuk kriteria tuntas. Pada siklus II hasil belajar bermain sepak bola siswa yang masuk kriteria tuntas juga meningkat menjadi 84,21% atau 16 siswa masuk pada kriteria tuntas dan 3 lainya belum tuntas. Pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II menimbulkan terjadinya proses pembelajaran yang aktif, efektif, efisien dan menyenangkan sehingga dapat mendukung terjadinya suatu pembelajaran yang berkualitas.
Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan pengembangan manipulaif  dapat meningkatkan kompetensi kemampuan shooting, dribbling dan throw in pada sepak bola siswa kelas V SD Negeri 02 Sambirejo tahun ajaran 2015 / 2016.