Abstrak


Pembelajaran Fisika dengan Model Inkuiri Terbimbing melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas X SMA Batik 1 Surakarta


Oleh :
Siti Zulaichah - K2312067 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk : (1) mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara penerapan model inkuiri terbimbing melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa; (2) mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara kreativitas siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa; dan (3) mengetahui ada atau tidak adanya interaksi antara pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing melalui metode pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa.
Penelitian menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Batik 1 Surakarta. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas X MIPA 2 terdiri dari 48 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 terdiri dari 45 siswa sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes untuk memperoleh data kreativitas siswa dan kemampuan kognitif Fisika siswa. Analisis data dilakukan menggunakan ANAVA dua jalan dengan sel tak sama kemudian dilanjutkan komparasi ganda menggunakan Uji Scheffe’ dengan taraf signifikasi 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan pengaruh antara penerapan model inkuiri terbimbing melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa (Fobs = 6,473 > F0,05;1;89 = 3,95); (2) ada perbedaan pengaruh antara kreativitas siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa (Fobs = 25,095 > F0,05;1;89 = 3,95); dan (3) tidak ada interaksi antara pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing melalui metode pembelajaran dan kreativitas siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa (Fobs = 3,746 > F0,05;1;89 = 3,95).