Abstrak


Pengaruh Katalog Online Shop di Instagram dan Status Ekonomi terhadap Perilaku Konsumen (Studi Korelasi Terpaan Katalog Online Shop Akun @steddystore di Instagram dan Status Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumen Pada Follower Akun @steddystore


Oleh :
Dwi Nursianto - D0212036 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Internet memberikan peluang baru pada pemasar untuk melakukan penjualan produk kepada konsumen. Dengan adanya internet, pemasar dapat melakukan penjualan barang dan jasa secara langsung (direct selling) atau biasa yang disebut e-commerce.  Toko yang digunakan pemasar didalam internet disebut online shop. Salah satu online shop dalam memasarkan barang adalah menggunakan katalog online dengan social media Instagram.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh terpaan katalog online shop akun @steddystore di Instagram dan status ekonomi terhadap perilaku konsumen Follower akun @steddystore. Penelitian ini menggunakan 3 variabel : variabel independen 1 terpaan katalog online shop akun @steddystore di Instagram, variabel independen 2 status ekonomi dan variabel dependennya adalah perilaku konsumen. Analisis yang digunakan regresi linear berganda dengan penghitungan menggunakan bantuan program SPSS 17. Penelitian ini menggunakan kuesioner online dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling nonprobalitas dengan teknik quota sampling. Metode pengumpulan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan rumus perhitungan Taro Yamane diperoleh sample sebanyak 100 responden.
Hasil analisis dengan regresi linear berganda didapat 22,7 % perilaku konsumen dipengaruhi oleh terpaan katalog online shop @steddystore dan status ekonominya, dan 77.3 % dipengaruhi oleh faktor lain. terpaan katalog online shop @steddystore dan status ekonomi secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku konsumen pada Follower @steddystore. Persamaan regresi yang didapat adalah Y= 30,422+ 2.737 X_1+1.407X_2 . Terpaan katalog online shop @steddystore secara parsial berpengaruh terhadap perilaku konsumen pada Follower @steddystore dengan t hitung 5.410 taraf sig. 0.000. Status ekonomi secara parsial berpengaruh terhadap perilaku konsumen pada Follower @steddystore dengan t hitung 2.018 taraf sig. 0.046.