Abstrak


Aktivitas Motion Graphics Designer dalam Pembuatan Konten Komunikasi Visual Media Sosial dan Website Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia


Oleh :
Moh. Johan Haffinudin - D1317022 - Fak. ISIP

RINGKASAN EKSEKUTIF

Advertising atau periklanan adalah bidang yang berkaitan dengan mencari cara terbaik untuk menyampaikan pesan agar membuat calon konsumen tertarik dan meluangkan waktunya untuk melihat, mendengar atau membaca pesan yang di sampaikan. Oleh karena itu perusahaan atau instansi sering kali bekerja sama dengan agency periklanan untuk membuat produknya diminati masyarakat. untuk membuat pesan menjadi menarik biasanya iklan dikemas dalam beberapa jenis konten komunikasi visual seperti videography, photography, design graphic, motion graphic dan masih banyak lainya.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia membentuk divisi kreatif dalam biro kerja sama dan komunikasi publik untuk mengelola pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat agar lebih menarik dan bisa dimengerti dengan mudah. Dalam prosesnya ada banyak tenaga yang dilibatkan termasuk motion graphic designer yang bertugas untuk mengelola pesan menjadi sebuah konten komunikasi visual berbentuk motion yang menarik dan  mudah dipahami.

Media yang digunakan untuk konten visual motion graphic adalah media digital yaitu media yang menggunakan sarana online untuk menyampaikan sebuah pesan yang menyajikan tolls seperti search engine, social media dan mencangkup kategori seperti SEO, SEM dan RSS. Yang mana dalam berkomunikasi menggunakan media digital dapat dilakukan di mana saja dan kapan pun serta untuk siapa pun juga asal terdapat internet. Keberhasilan dalam menyampaian pesan melalui media digital bisa dilihat dari banyaknya jumlah   engangement atau interaksi yang didapat. Aktivitas motion graphic designer juga turut membantu keberhasilan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dalam menyampaikan pesannya melalui Media digital.