Abstrak


Peran Penulis Naskah Feature Program Agronews Tv Indonesia di Youtube Channel


Oleh :
Dionezia Hesa Wibawa - D1417012 - Fak. ISIP

RINGKASAN

Semakin berkembangnya teknologi juga turut menaikkan tuntutan akan program-program yang ditonton oleh khalayak. Program yang segar, menarik, dan baik lahir dari kemampuan tim produksi yang mumpuni. Untuk itu, penulis dituntut untuk dapat bersaing dalam dunia broadcasting. Tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan hard skill seperti teknik pengoperasian kamera hingga directing, tetapi juga soft skill seperti kreatifitas, dapat bekerja sama, kerja keras, jujur, serta disiplin juga menjadi factor penting yang penulis harus kuasai.

Pada kegiatan Kuliah Kerja Media yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret, penulis memilih untuk melaksanakannya di sebuah production house, yaitu Dreamlight World Media yang terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Penulis memiliki ketertarikan sendiri dalam production house yang juga memiliki peran penting dalam dunia broadcasting sejak lama. Selama 9 minggu menjalankan Kuliah Kerja Media, penulis mendapatkan banyak pengalaman serta ilmu praktis dari berbagai tugas yang diberikan dari Dreamlight World Media. Berbagai tugas yang penulis kerjakan banyak memberikan nilai penting dalam produksi sebuah program, tanggung jawab, disiplin, kreatifitas, kerja cepat tepat, dan kerja sama yang baik dalam kru penting agar program dapat diproduksi dengan lancar dan mendapatkan hasil yang baik.

Bekerja sebagai penulis naskah merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi penulis. Terlebih naskah yang dikerjakan adalah naskah untuk program feature dimana penulis dituntut untuk memiliki wawasan yang luas. Kerja sama juga dibutuhkan dengan kru yang melakukan liputan serta editor yang menyatukan gambar. Pembelajaran yang dilakukan dengan praktik langsung di lapangan seperti ini tentunya menghasilkan pengalaman yang berbuah pada proses penulisan naskah yang lebih baik dari waktu ke waktu.