Abstrak


Hubungan Kebisingan dan Perilaku Keselamatan dengan Perantara Stres Kerja Pada Pekerja Unit Weaving PT Delta Merlin Dunia Textile VII Karanganyar


Oleh :
Soniya Christa Bella - R0216092 - Sekolah Vokasi

ABSTRAK

Soniya Christa Bella, R0216092, 2020. Hubungan Kebisingan dan Perilaku Keselamatan dengan Perantara Stres Kerja pada Pekerja Unit Weaving PT Delta Merlin Dunia Textile VII Karanganyar, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang : Pengunaan mesin industri tidak terlepas dari dampak negatif bagi pekerja salah satunya kebisingan. Selain menimbulkan gangguan pendengaran, kebisingan juga menyebabkan stres kerja. Efek negatif stres dapat mempengaruhi perilaku keselamatan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adakah hubungan tidak langsung antara kebisingan dan perilaku keselamatan dengan perantara stres kerja pada pekerja unit weaving PT Delta Merlin Dunia Textile VII Karanganyar.

Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja unit weaving PT Delta Merlin Dunia Textile VII Karanganyar sebanyak 70 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Penelitian ini menggunakan sound level meter untuk mengukur intensitas kebisingan serta kuesioner untuk mengukur stres kerja dan perilaku keselamatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan uji sobel.

Hasil : Hasil uji statistik dengan uji regresi linear sederhana menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kebisingan dan stres kerja dengan nilai p = 0,000 (p < 0 xss=removed>

 

Simpulan : Terdapat pengaruh signifikan antara kebisingan dan stres kerja, terdapat pengaruh signifikan antara stres kerja dan perilaku keselamatan dan terdapat hubungan tidak langsung antara kebisingan dan perilaku keselamatan yang diperantarai oleh stres kerja.