Abstrak


Asuhan Kebidanan Terintegrasi pada Ny N Umur 22 Tahun di Puskesmas Setabelan Surakarta


Oleh :
Dwi Winarsih - R0317018 - Sekolah Vokasi

ABSTRAK

 Dwi Winarsih. R0317018. 2020. Asuhan Kebidanan Terintegrasi Pada Ny. N Umur 22 Tahun di Puskesmas Setabelan Surakarta. Laporan Tugas Akhir.  Program Studi D III Kebidanan Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Ruang Lingkup : Asuhan kebidanan terintegrasi dimulai dari masa kehamilan, bersalin, nifas, bayi baru lahir hingga keluarga berencana dalam upaya untuk menjamin kesejahteraan ibu dan bayi serta deteksi dini komplikasi.

Pelaksanaan : Kehamilan Ny. N mengalami (KEK) dengan LiLA 22 cm sehingga asuhan yang diberikan yaitu pemberian nutrisi. Persalinan dilakukan secara induksi atas indikasi postdate. Asuhan nifas dengan memberikan konseling kebutuhan masa nifas. Asuhan bayi baru lahir normal dengan memastikan pemberian ASI eksklusif, serta memberikan konseling tentang KB.

Evaluasi : Tidak ditemukan adanya komplikasi pada kehamilan, persalinan secara induksi berkolaborasi dengan dokter Sp.OG. Tidak ada komplikasi pada masa nifas dan bayi baru lahir serta ibu memilih KB suntik 3 bulan.

Simpulan dan saran : Terdapat kesenjangan pada asuhan persalinan dan bayi baru lahir yaitu tindakan induksi, tidak dilakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD), rawat gabung dan perawatan tali pusat yang tidak sesuai dengan teori. Instansi kesehatan atau tenaga kesehatan diharapkan dapat melakukan pemberian asuhan kebidanan sesuai dengan evidence based.