Abstrak


Pengaruh Harapan Karyawan pada Motivasi Intrinsik dengan Kebosanan Kerja sebagai Mediator (Studi pada Karyawan Frontline Bank di Surakarta)


Oleh :
Aisha Nor Aryani - F0215006 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh (1) harapan karyawan pada motivasi intrinsik,(2)harapan karyawan pada kebosanan kerja,(3) kebosanan kerja pada motivasi intrinsik,dan (4) harapan karyawan pada motivasi intrinsik dengan kebosanan kerja sebagai mediator.
Populasi penelitian ini adalah karyawan frontline Bank di Surakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 119 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling dan purposive sampling. Metode Confirmatory Factor Analysis (CFA) digunakan untuk uji validitas dan metode Cronbach’s Alpha digunakan untuk uji reliabilitas dengan bantuan software SPSS 23.00. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) melalui program AMOS. Sedangkan untuk pengujian peran mediasi menggunakan metode causal steps dan bootstrapping analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harapan karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi intrinsik, harapan karyawan berpengaruh negatif terhadap kebosanan kerja,kebosanan kerja berpengaruh negatif terhadap motivasi intrinsik, dan kebosanan kerja memediasi pengaruh harapan karyawan terhadap motivasiintrinsik.