Abstrak


Intellectual Capital sebagai Pemediasi Pengaruh Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Pengetahuan pada Inovasi (Studi di Perusahaan Jasa dan Manufaktur di Surakarta)


Oleh :
Muhammad Anggit Indra Saputra - F0215070 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Inovasi mempunyai peran penting untuk meningkatkan nilai di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari praktik manajemen sumber daya manusia berbasis pengetahuan pada inovasi dengan mediasi dari nilai intellectual capital di perusahaan. Objek pada penelitian ini pada 8 perusahaan jasa dan 6 perusahaan manufaktur yang tersebar di wilayah Surakarta.
Penelitian ini menggunakan sampel 122 responden. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dan uji hipotesis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan aplikasi AMOS versi 22.
Hasil dari penelitian ini adalah Human Capital secara parsial memediasi pengaruh praktik manajemen sumber daya manusia berbasis pengetahuan pada Relational Capital dan Structural Capital. Lalu Relational Capital dan Structural Capital secara parsial memediasi pengaruh Human Capital pada Inovasi dan Relational Capital tidak mampu menjadi pemediator pengaruh praktik manajemen sumber daya manusia berbasis pengetahuan pada inovasi.