Abstrak


Implementasi Statistical Process Control di PT. Legenda Bintang Bola


Oleh :
Adrian Aditya Nathaniel - F0216003 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Statistical Process Control di PT.Legenda Bintang Bola. Ada 2 variabel dalam penelitian ini yaitu Quality Control sebagai variabel utama dan subvariabel pengukuran kualitas yaitu pengukuran atribut untuk mengukur tingkat kecacatan dalam proses produksi. Obyek penelitian disini adalah PT. Legenda Bintang Bola, sebuah perusahaan manufaktur furniture.


Salah satu dari 10 keputusan manajemen operasi adalah keputusan kualitas. Statistical Process Control (SPC) adalah penerapan ilmu statistik dalam manajemen. SPC dengan alat bantunya memudahkan manajemen untuk mengumpulkan data, memvisualisasinya dan menemukan permasalahan.


Data penelitian ini adalah data primer karena penulis langsung melakukan wawancara dan observasi di lapangan. Dari penelitian diketahui bahwa order dengan tingkat kecacatan sebesar 24,48?pat ditekan menjadi 20,42% pada order selanjutnya. Perputaran pekerja, pengayaan keterampilan pekerja dan benchmarking untuk mengukur kinerja pemasok disarankan sebagai agenda perusahaan.