Abstrak


Analisis Perbandingan Kinerja Saham Syariah Indeks JII dan Saham Konvensional Indeks LQ45


Oleh :
Widhy Setyo Nugroho - F0216105 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Abstrak

Saham merupakan salah satu sarana berinvestasi yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang diharapkan sesuai dengan risiko yang dapat ditanggung. Terdapat dua pilihan yakni saham konvensional atau bisa disebut saham biasa dan saham syariah yakni saham yang berlandaskan prinsip syariah dalam Agama Islam. Saham Syariah merupakan solusi bagi masyarakat yang ingin berinvestasi namun tetap memperhatikan prinsip keagamaan dalam investasinya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kinerja antara saham syariah dan saham konvensional dengan mencakup perhitungan Index Sharpe, Indeks Treynor dan Indeks Jensen. Sampel dari penelitian ini adalah saham syariah Indeks JII dan saham konvensional Indeks LQ45 dari tahun
2004 hingga tahun 2019.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja saham syariah dengan saham konvensional, terdapat perbedaan dengan nilai yang sangat kecil, dimana secara keseluruhan saham konvensional lebih unggul namun di waktu terjadi krisis saham syariah memiliki kinerja yang lebih unggul.


Kata kunci : Perbandingan, Kinerja, Saham Syariah, Saham Konvensional.