Abstrak


Pengaruh Company Characteristicdan Gcg terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure (Studi pada Perusahaan Pertambangan dan Kontruksi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 – 2017)


Oleh :
Andi Dwi Riantoni - F0314012 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris tentang pengaruh karakteristik perusahaan dan GCG tehadap pengungkapan CSR pada perusahan pertambangan dan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2017. Pengukuran pengungkapan CSR dalam penelitian ini diproksikan dengan indek GRI-G4. Sampel dalam penelitian ini adalah 14 dari 111 data perusahan pertambangandan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2014-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitias tidak berpengaruh signifikan terhadappengungkapan CSR perusahaan. Sedangkan ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap pengungkapan CSR. Ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadappengungkapan CSR. Ukuran dewan komisaris independen tidak berpengaruh terhadappengungkapan CSR. Ukuran komite audit berpengaruh signifikan dan positif terhadappengungkapan CSR. Board gender diversity berpengaruh signifikan dan negatif terhadappengungkapan CSR.

Kata Kunci: profitabilitas, size, ukuran dewan komisaris, ukuran dewan komisaris independen, ukuran komite audit, board gender diversity, CSR