Abstrak


Pembelajaran Nirmana Trimatra Berbahan Dasar Kain Perca pada Mata Pelajaran Seni Budaya di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020


Oleh :
Cornelia Dianing Putri - K3216016 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) proses pembelajaran nirmana trimatra berbahan kain perca pada siswa diSMA Negeri 2 Surakarta.(2) hambatan yang dihadapi dan solusinya untuk menghadapi hambatan yang muncul pada pelaksanaan proses pembelajaran nirmana trimatra berbahan kain perca di SMA Negeri 2 Surakarta (3) Mengetahui hasil karya siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta. Bentuk  kreasi nirmana trimatra yang dihasilkan siswa sejalan dengan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu Bapak Ardiyanto S.pd selaku guru seni budaya dan siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta serta sumber informasi lain adalah foto, hasil karya, dan dokumen arsip. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah model mengalir yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran kreasi nirmana trimatra berbahan kain perca di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta terlaksanakan dengan baik.  Hal itu didukung dengan guru yang inovatif, kreatif, terbuka, dan siswa yang antusias dan minat yang tinggi serta perangkat pembelajaran yang tepat sehingga tujuan pembelajaran tercapai dan mampu memacu kreatifitas siswa. Namun dalam penilaian perlu perbaikan agar penilaian lebih mendetail (2) Mayoritas karya yang dibuat sudah menguasai teknik dasar menjahit. Mayoritas siswapun sudah dapat menuangkan ide dalam kreasi nirmana trimatra berbahan dasar kain perca dengan baik dan sangat sedikit siswa yang hanya tidak mengikuti dengan baik. Namun dalam penerapan unsur dan prinsip seni rupa masih perlu perbaikan, karena mayoritas siswa hanya cukup baik saja dalam menguasainya.(3) Pengevaluasian karya siswa dilakukan dengan baik dengan terstruktur dan sesuai dengan keadaan karya siswa.

Kata kunci: kain perca, kreasi, nirmana trimatra, pembelajaran