Abstrak


Pembuatan Augmented Reality Larutan Asam Basa Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas Berbasis Android


Oleh :
Aines Nafis Husna - M3117004 - Sekolah Vokasi

Abstrak

Perkembangan teknologi yang pesat memacu berkembangnya berbagai aspek kehidupan, salah satunya adalah aspek pendidikan. Terdapat beberapa teknologi yang dapat menunjang proses belajar, salah satunya adalah teknologi augmented reality yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran tentang larutan asam basa. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran tentang larutan asam basa masih melalui media-media konvensional. Sementara itu, materi tentang larutan asam basa sulit bila dilakukan tanpa adanya simulasi maupun praktek langsung.
Pembuatan Augmented Reality Larutan Asam Basa Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas Berbasis Android  dirancang dengan menggunakan metode studi pustaka yaitu mencari referensi kurikulum pembelajaran yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan di SMA. Pembuatan aplikasi ini memerlukan beberapa software seperti Unity 3D, Vuforia, Blender, dan Adobe Photoshop CS6.
Penelitian ini menghasilkan aplikasi sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas XI tentang larutan asam basa. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan dapan menambah pemahaman siswa kelas XI tentang larutan asam basa dan sebagai simulasi sebelum dilakukan praktek nyata.

Kata Kunci : Augmented Reality, Larutan Asam Basa