Abstrak


Feminisme dalam Novel Cinta di Dalam Gelas Karya Andrea Hirata Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Sastra di SMA


Oleh :
Aulia Rizki Damayanti - K1216013 - Fak. KIP

ABSTRAK

 

Aulia Rizki Damayanti. FEMINISME DALAM NOVEL CINTA DI DALAM GELAS KARYA ANDREA HIRATA SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR SASTRA DI SMA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2020.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur-unsur struktur novel Cinta di dalam Gelas, bentuk-bentuk ketidakadilan gender, bentuk perjuangan wanita, serta relevansinya sebagai materi ajar sastra di SMA.

            Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan selama 6 bulan. Subjek penelitian adalah novel Cinta di dalam Gelas Karya Andrea Hirata. Sumber data berasal dari dokumen berupa teks novel dan transkrip hasil wawancara terhadap guru bahasa Indonesia dan siswa SMAN 3 Magelang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data diperoleh dengan analisis dokumen dan wawancaramendalam. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Prosedur penelitian dilakukan secara berurutan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Cinta di dalam Gelas Karya Andrea Hirata mengandung unsur-unsur struktur yang terpadu. Bentuk-bentuk ketidakadilan gender yang diterima tokoh menunjukkan ketidakbebasan dalam menentukan pilihan. Perjuangan tokoh perempuan menunjukkan pendobrakan terhadap kemapanan yang sudah ada. Menurut informan, novel ini sesuai dengan materi ajar sastra kelas XII pada KD 3.8 dan 4.8.Simpulan penelitian ini adalah novel Cinta di dalam Gelas Karya Andrea Hirata dan nilai-nilai feminisme yang terdapat di dalamnya relevan dengan materi ajar sastra di SMA.

Kata kunci: Feminisme, Ketidakadilan Gender, Perjuangan Perempuan, Materi Ajar