Abstrak


Sistem Informasi Penyewaan Studio Musik (Studi Kasus : Studio Musik Digage)


Oleh :
Annisa Hani Perdana - M3117017 - Sekolah Vokasi

Abstrak

Sistem Informasi Penyewaan Studio Musik (Studi Kasus : Studio Musik Digage) merupakan sistem yang memberikan informasi terkait penyewaan studio musik dan studio rekaman yang ada pada Studio Musik Digage. Tujuan dari sistem yang akan dibuat adalah untuk memudahkan pihak studio musik dan pelanggan dalam melakukan proses penyewaan studio musik dan studio rekaman, mengetahui studio mana saja yang belum digunakan, serta untuk rekap data penyewaan dari studio musik.
. Pembuatan sistem informasi ini menggunakan metode waterfall. Sebelum membuat sistem diperlukan tabel kebutuhan fungsional sistem. Selanjutnya, dalam perancangan aplikasi yang pertama yaitu Usecase Diagram dan Skenario Usecase. Setelah itu membuat Class Diagram dan Sequence Diagram. Setelah perancangan selesai, lalu membuat rancangan database dengan ERD (Entity Relationship Diagram), Relasi antar tabel, dan Perancangan Tabel. Kemudian membuat desain User Interface. Setelah itu, sistem di uji dengan metode Blackbox. Sistem Informasi tersebut dibuat dengan menggunakan MySQL sebagai basis datanya, bahasa pemrograman PHP dan framework codeigniter.
Hasil Penelitian pada tugas akhir Sistem Informasi Penyewaan Studio Musik (Studi Kasus : Studio Musik Digage) ini memiliki fitur registrasi user, mampu mengelola data studio musik, studio rekaman, melakukan penyewaan studio musik dan studio rekaman, mengelola laporan rekap transaksi yang ada pada studio musik dan studio rekaman.

Kata kunci : Sistem Informasi, Studio musik, Penyewaan, PHP, MySQL.