Abstrak


Kelayakan Kontrak Dagang Ekspor Jangka Panjang antara Pt Rakabu Sejahtra dan Scanteak


Oleh :
Felicia Putrisean - F3117021 - Staf

ABSTRAK

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meninjau kelayakan kontrak dagang ekspor yang dijalani oleh PT Rakabu Sejahtra dengan konsumennya yaitu SCANTEAK. Kontrak dagang yang sudah terjalin selama 10 tahun ini, setelah ditinjau dilapangan didapati adanya permasalahan yang timbul selama kontrak dagang berlangsung. Di dalam penelitian, penulis menjelaskan mengenai isu-isu yang muncul dalam kontrak tersebut dan menjadikannya sebagai peninjau untuk kelayakan kontrak dagang tersebut.

Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Bagian deskriptif berisi data-data dan informasi yang digunakan untuk menjelaskan tentang perusahaan sesuai fakta tanpa ada unsur tambahan. Sedangkan metode analisis kualitatif, berhubungan dengan angka-angka berupa tabel dan grafik yang kemudian di uraikan dan ditafsirkan. 

Lalu untuk hasil dari penelitian ini adalah peninjauan layak atau tidaknya kontrak dagang ekspor yang sedang dijalin oleh PT Rakabu Sejahtra setelah ditemukannya isu-isu di dalam kontrak. Tidak hanya itu, hasil lain dari penelitian ini adalah analisa peluang bagi perusahaan untuk mengembangkan kegiatan ekspornya tanpa khawatir dengan kontrak yang sedang dijalani, yang sekaligus menjadi saran dari peneliti untuk perusahaan.

Kata kunci: Kontrak Dagang, Kelayakan Kontrak, Isu-isu kontrak, Peluang ekspor