Abstrak


Sistem Informasi Arisan Koperasi UNS Berbasis Web


Oleh :
Fitri Ardyanti - M3117042 - Sekolah Vokasi

Abstrak

Arisan adalah kegiatan yang melibatkan sekelompok orang untuk melakukan pembayaran secara teratur pada tiap-tiap periode tertentu. Setelah uang terkumpul, salah satu dari anggota kelompok akan keluar sebagai pemenang. Satu periode arisan ditentukan oleh jumlah peserta dalam kelompok arisan tersebut. Periode arisan dapat dinyatakan berakhir apabila seluruh peserta dalam kelompok arisan telah memenangkan arisan. Penentuan pemenang biasanya dilakukan dengan cara pengundian, tetapi ada juga kelompok arisan yang menentukan pemenang dengan perjanjian.

Selain pengundian dan perjanjian, pemenang arisan juga dapat ditentukan dengan cara lelang. Setiap peserta memiliki hak untuk melakukan lelang, namun peserta yang tidak menghadiri pertemuan tidak dapat melakukan lelang. Selain itu, peserta yang sudah memenangkan arisan juga tidak diperbolehkan untuk mengikuti lelang.
    Sistem Informasi Arisan Koperasi UNS membantu peserta arisan untuk mengikuti lelang secara online. Sehingga peserta yang tidak menghadiri pertemuan arisan dapat melakukan lelang.

Kata kunci : Arisan, Lelang, Sistem Informasi Arisan, Koperasi UNS