Abstrak


Evaluasi Penerapan Taktik Relationship Marketing pada Pelanggan School Book di PT . Tiga Serangkai Surakarta


Oleh :
Ichsan Nur Ainun Yulianto - F3217026 - Sekolah Vokasi

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui bagaimana penerapan strategi relationship marketing dengan baik dan terstruktur. Dengan tersedianya fasilitas serta data dan koneksi dari beberapa pihak yang terkait , maka salah satu cara untuk memenangkan persaingan antar perusahaan dan menciptakan hubungan yang baik antar pelanggan dan perusahaan PT. Tiga Serangkai Surakarta selalu mengedepankan pelayanan dan komunikasi dengan konsumen guna meningkatkan loyalitas pelanggan dengan cara menggunakan strategi relationship marketing dengan berbagai pihak yang bekerja sama. Maka dari itu relationship marketing adalah cara yang tepat untuk membuat hubungan baik antara pelanggan dan perusahaan , agar nantinya perusahaan dan pelanggan tidak hanya  sebatas agen kerja melainkan juga menjaga hubungan yang baik untuk masa yang akan datang.

Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah observasi , wawancara dan studi pustaka. Sedangkan data yang dilampirkan berupa data primer dan data sekunder. Teknik analisa deskriptif dengan membuat gambaran secara sistematis , faktual dan akurat mengenai penerapan strategi relationship marketing pada PT. Tiga Serangkai Surakarta.

Berdasarkan penelitian yang dibuat , penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa kerjasama yang dilakukan PT. Tiga Serangkai Surakarta dengan Mitra Bisnis Sekolah dapat memudahkan perusahaan untuk melakukan repeat order dengan pelanggan serta meningkatkan loyalitas konsumen dan menciptakan hubungan kerja sama yang baik dalam jangka panjang.

Kata kunci : relationship marketing