Abstrak


Implementasi Manajemen Alat Pelindung Diri (APD) sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja di PT. Wijaya Karya Beton Tbk. Pabrik Produk Beton Boyolali


Oleh :
Felik Susanto - R0016040 - Sekolah Vokasi

Latar Belakang : Salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengendalikan potensi bahaya yang ada di perusahaan tersebut adalah dengan melakukan Manajemen Alat Pelindung Diri (APD). Manajemen Alat Pelindung Diri (APD) sangat perlu dilakukan agar memiliki sistem yang terorganisasi serta terencana sehingga efektif untuk mencegah kecelakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Manajemen Alat Pelindung Diri (APD) sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja di perusahaan.

Metode : Penelitian ini menggunakan   metode deskriptif untuk menggambarkan implementasi Manajemen Alat Pelindung Diri (APD) di perusahaan dalam upaya pencegahan kecelakaan kerja. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara kepada supervisor serta tenaga kerja dan studi kepustakaan.

Hasil  :  Aspek-aspek  manajemen  Alat  Pelindung  Diri  (APD)  telah  diterapkan adalah melakukan identifikasi kebutuhan dan syarat Alat Pelindung Diri (APD), pelatihan Alat Pelindung Diri (APD), penggunaan penyimpanan dan perawatan Alat Pelindung Diri, pemilihan Alat Pelindung Diri yang sesuai dengan kebutuhan pekerja dan jenis bahaya yang ada dan inspeksi Alat Pelindung Diri (APD).

Simpulan : Perusahaan telah melakukan manajemen Alat Pelindung Diri, hal tersebut telah sesuai dengan Peraturan Mentri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor PER 08/MEN/VII/2010 tentang Alat Pelindung Diri.

Kata kunci :  Manajemen Alat Pelindung Diri (APD), Upaya Pencegahan