Abstrak


Aplikasi Pupuk Organik dan Mikoriza Arbuskula Terhadap Pertumbuhan Pisang Raja Bulu (Musa paradisiaca L. cv. Sapientum) Hasil Kultur Jaringan


Oleh :
Bagus Cipto Prasetyawan - H0716026 - Fak. Pertanian

Pisang merupakan komoditas yang mudah dibudidayakan dan dikembangkan di Indonesia. Peningkatan konsumsi pisang mendorong dilakukannya perbanyakan pisang dengan teknik kultur jaringan yang dapat menghasilkan bahan tanam dalam jumlah banyak. Optimalisasi pertumbuhan tanaman dilakukan melalui pemupukan dengan pupuk organik dan pemberian Cendawan Mikoriza Arbuskula (CMA). Pemupukan dilakukan agar terjadi keseimbangan unsur hara bagi tanaman. Pemberian cendawan mikoriza arbuskula (CMA) dilakukan dengan tujuan agar penyerapan unsur hara oleh akar tanaman lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan jenis pupuk organik dan dosis CMA yang tepat serta mengetahui ada tidaknya interaksi antara jenis pupuk organik dan dosis CMA untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman pisang raja bulu hasil kultur jaringan.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Oktober 2019. Lokasi penelitian bertempat di Laboratorium Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Jumantono, Karanganyar. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan kombinasi 2 faktor perlakuan dan 3 ulangan. Faktor pertaman yaitu jenis pupuk organik pupuk kandang kambing, pupuk kandang sapi, pupuk kascing, dan pupuk kompos. Faktor kedua yaitu dosis cendawan mikoriza arbuskula 0 g, 5 g, 10 g, dan 15 g. Data yang diperoleh diuji secara statistik dengan analisis statistik dengan ANCOVA berdasarkan uji F taraf 5%, apabila berpengaruh nyata dilakukan uji lanjut dengan menggunakan DMRT (Duncan Mutiple Range Test) dengan taraf 5%. Variabel yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, lebar daun, panjang daun, dan diameter batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Interaksi antara jenis pupuk organik dan dosis CMA mampu meningkatkan diameter batang, namun tidak meningkatkan tinggi tanaman, jumlah daun, lebar daun, dan panjang daun. Pupuk kandang kambing mampu meningkatkan tinggi tanaman, jumlah daun, lebar daun, panjang daun, dan diameter batang. Pemberian berbagai dosis CMA mampu meningkatkan tinggi tanaman, lebar daun, dan panjang daun.