Abstrak


Penerapan Metode Hirarc sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja pada Pekerja Molen Divisi Kacang Atom di PT Dua Kelinci Pati


Oleh :
Choirul Rizqi Aprilia - R0017027 - Sekolah Vokasi

Latar Belakang: PT Dua Kelinci adalah industri makanan yang menggunakan berbagai mesin dan tenaga manusia, sehingga memiliki potensi bahaya dan risiko beragam yang dapat menimbulkan kecelakaan kerja dalam setiap pekerjaannya, seperti tangan tergores benda tajam dan terpeleset. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bahaya, menilai tingkat risiko, dan menentukan pengendalian yang tepat sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja pada pekerja bagian molen divisi kacang atom di PT Dua Kelinci.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan penerapan metode HIRARC pada pekerja bagian molen divisi kacang atom di PT Dua Kelinci.

Hasil: PT Dua Kelinci telah melakukan identifikasi bahaya, menilai tingkat risiko, dan melakukan pengendalian terkait risiko yang ada. Hasil dari penilaian risiko didapatkan nilai risiko rendah sebanyak 12, sedang sebanyak 13, dan tinggi sebanyak 5. Pengendalian yang telah dilakukan yaitu dengan rekayasa teknik, administrasi kontrol, dan pemakaian Alat Pelindung Diri (APD)

Simpulan: Gambaran penerapan HIRARC di PT Dua Kelinci telah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kata kunci: HIRARC, Upaya Pencegahan, Kecelakaan Kerja