Abstrak


Evaluasi Penyusunan Anggaran dalam Penentuan Harga Satuan Barang di Rsud Dr. Moewardi Surakarta


Oleh :
Annisa Jodiyosa - F3317006 - Sekolah Vokasi

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui alur penyusunan anggaran dalam penentuan rincian harga satuan barang di RSUD Dr. Moewardi dan mengetahui upaya yang dilakukan staff evaluasi dan penyusunan anggaran RSUD Dr. Moewardi untuk meminimalisir kesalahan dalam menentukan rincian harga satuan barang.

Langkah langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah membandingkan teori penyusunan dan pembuatan standar harga satuan barang sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan suatu efesiensi dalam penggunaan anggaran keuangan dengan prosedur penyusunan dan pembuatan standar harga satuan barang yang diterapkan di RSUD Dr.Moewardi.

Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa prosedur penentuan standar harga satuan barang saat pembuatan katalog belum tersistem dengan baik. Kemudian upaya yang dilakukan untuk meminimalisir kesalahan dalam menentukan rincian harga satuan barang adalah dengan survei harga pasar ditambah perkiraan inflasi, Ppn, dan keuntungan pihak ketiga.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah meski prosedur penentuan standar harga satuan barang saat pembuatan katalog belum tersistem dengan baik, upaya yang dilakukan staff evaluasi dan penyusunan anggaran RSUD Dr. Moewardi agar tidak terjadi perbedaan pada hasil awal perhitungan anggaran dalam penentuan standar satuan harga barang yang dibuat 1 tahun sebelumnya dengan realisasinya sudah sesuai dengan teori penyusunan dan pembuatan standar harga satuan barang.

Berdasarkan temuan dari penelitian, penulis memberikan rekomendasi agar sebaiknya dibuatkan sistem informasi berbasis web saat pembuatan katalog standar harga satuan barang, kemudian tim survey pengadaan barang dan jasa harus secara penuh melakukan survey lapangan agar sehingga kesalahan dalam penentuan harga satuan barang dapat diminimalisir.

Kata Kunci : Evaluasi Penyusunan Anggaran, Standar Harga Satuan Barang.