Abstrak


Analisis Asas Kebebasan Berkontrak Dalam Perjanjian Elektronik Marketplace Tokopedia Terhadap Perlindungan Hak-Hak Pengguna


Oleh :
Dian Tri Utami - E0016127 - Fak. Hukum

ABSTRAK

Dian Tri Utami. 2020. E0016127. Analisis Asas Kebebasan Berkontrak Dalam Perjanjian Elektronik Marketplace Tokopedia Terhadap Perlindungan Hak-Hak Pengguna. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan mengenai, pertama bagaimana ketentuan asas kebebasan berkontrak dalam perjanjian elektronik marketplace Tokopedia. Kedua, bagaimana perlindungan hak-hak pengguna dalam perjanjian elektronik marketplace Tokopedia.

Penelitian hukum ialah suatu bentuk kegiatan ilmiah, yang didasarkan pada metode, sistematika, dan pemikiran tertentu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum doktrinal atau normatif dengan sifat penelitian prespektif. Pendekatan yang digunakan yaitu statute approach atau perundang-undangan dengan menggunakan sumber penelitian berupa bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan library research dengan analisis deduktif.

Pembahasan penelitian mengenai ketentuan asas kebebasan berkontrak dalam perjanjian ditinjau berdasarkan pada 5 (lima) indikator asas kebebasan berkontrak dan pembahasan mengenai hak pengguna dalam perjanjian dibagi menjadi hak pengunjung situs, hak pembeli serta hak penjual.

Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa perjanjian elektronik marketplace Tokopedia telah memenuhi asas kebebasan berkontrak serta telah melindungi hak-hak pengguna.


Kata Kunci : ASAS KEBEBASAN BERKONTRAK, PERJANJIAN ELEKTRONIK TOKOPEDIA, HAK-HAK PENGGUNA