Abstrak


Karakteristik Morfologi Ikan Dewa (Tor Soro Valenciennes, 1842) di Indonesia


Oleh :
Muhammad Rizky Wahyudi - M0416034 - Fak. MIPA

Abstrak

Ikan dewa (Tor soro) merupakan salah satu kelompok ikan asli Indonesia yang memiliki nilai penting, tetapi belum banyak dikenal. Persebaran ikan dewa di Indonesia meliputi Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Salah satu upaya untuk mempertahankan keberadaan ikan ini adalah dengan melakukan identifikasi yang valid pada spesies ikan dewa yang akan bermanfaat untuk upaya konservasi serta budidaya ikan tersebut yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana karakteristik morfologi ikan dewa di Indonesia.
Sampel ikan dewa yang digunakan tersedia di ruang spesimen Laboratorium Biosistematika Ikan, Pusat Penelitian Biologi-LIPI Bogor. Pengukuran ikan dewa menggunakan metode morfometrik tradisional dan truss morfometrik serta menghitung karakter meristiknya. Analisa data menggunakan analisis diskriminan dengan program pengolah SPSS versi 16.0.
Hasil penelitian ini terdapat kecenderungan pemisahan antar kelompok ikan dewa di Indonesia dengan 12 karakter utama dari 2 metode morfometrik yang diuji kemudian untuk karakter meristik antar ikan dewa di Indonesia memiliki perbedaan pada jumlah sisik pada gurat sisi dan jumlah jari-jari lunak pada sirip punggung.

Kata Kunci : Ikan dewa, Karakteristik Morfologi, Morfometrik, Meristik