Abstrak


Perbandingan Metode Seleksi Dalam Algoritma Genetika Pada Kasus Multi Travelling Salesman Problem (Studi Kasus: UD Sumber Jaya Utama)


Oleh :
Muhammad Ivan Prayoga - M0515025 - Fak. MIPA

Abstrak

Multi Travelling Salesman Problem (M-TSP) merupakan suatu metode yang digunakan untuk mencari rute jarak terpendek yang harus dilewati oleh beberapa orang sales dalam mengunjungi beberapa tempat tujuan dari suatu tempat asal. Algoritma genetika cukup bagus diaplikasikan dalam menyelesaikan masalah TSP.. Dalam algoritma genetika terdapat proses yang dinamakan seleksi, dimana beberapa kromosom dipilih menjadi parent. Beberapa metode seleksi pada algoritma genetika antara lain : roulette wheel, tournament selection, rank selection. Penelitian ini menguji ketiga metode seleksi di atas untuk mendapatkan metode seleksi terbaik, dan mencari rute terpendek untuk perbandingan cost pada pendistribusian sepatu pada UD. Sumber Jaya Utama. Metode yang dilakukan berupa pengumpulan data, perancangan M-TSP, implementasi algoritma genetika, perancangan program, implementasi program dan analisis program. Hasil pada penelitian ini, metode roulette wheel mendapatkan hasil rata-rata jarak sebesar 902 km dengan generasi optimal 215 generasi, lalu metode rank selection sebesar 918 km dengan 212 generasi, dan tournament selection sebesar 932 km dengan 186 generasi. Hasil tersebut menunjukkan metode seleksi terbaik adalah roulette wheel. Sistem juga berhasil mengurangi biaya distribusi UD. Sumber Jaya Utama sebesar Rp 35.470,- per minggu.

Kata kunci : Multi Travelling Salesman Problem, Genetic algorithm, Roulette Wheel Selection, Rank Selection, Tournament Selection, UD Sumber Jaya Utama