Abstrak


Penerapan Sistem Akuntansi Berbasis Sak Emkm pada Filoshop Distro


Oleh :
Friesca Ardhelia Puspita Sari - F3317022 - Sekolah Vokasi

ABSTRAK

Filoshop Distro merupakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bergerak di bidang perdagangan busana yang belum memiliki sistem akuntansi dan belum menyajikan laporan keuangan yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan sistem akuntansi  yang  sesuai standar akuntansi yaitu  SAK EMKM. Dengan adanya penelitian ini,  maka diharapkan dapat  mempermudah pengguna dalam mengelola keuangan dengan baik dan terstruktur, serta dapat menghasilkan laporan keuangan sesuai standar yang akan digunakan sebagai evaluasi kinerja, alat pengambilan keputusan, dan untuk pengajuan kredit kepada bank/lembaga lain dalam pengembangan usahanya.

Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan  dengan cara wawancara, observasi,  dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa, Filoshop Distro hanya melakukan pencatatan secara manual dan sederhana. Hal tersebut karena kurangnya pengetahuan pemilik usaha dan karyawan mengenai sistem akuntansi yang benar, dan anggapan jika menyusun laporan keuangan akan membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit.

Penerapan yang telah dilakukan berdasarkan data pada bulan Maret  2020 menghasilkan jumlah total aset sebesar  Rp  93.085.011,50, pendapatan  Rp 47.517.199,00, dan laba sebesar Rp 8.785.678,17. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pemilik Filoshop Distro dalam menerapkan sistem akuntansi SAK EMKM.

Kata Kunci: UMKM, SAK EMKM, Penerapan Sistem Akuntansi