Abstrak


Perbedaan Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dengan Pendekatan Induktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Negeri Se- Kecamatan Kutowinangun Tahun Ajaran 2019/2020


Oleh :
Liftahul Sekar Aji - K7116101 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis perbedaan hasil belajar matematika kelas V Sekolah Dasar yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan induktif SD Negeri Se- Kecamatan Kutowinangun Tahun Ajaran 2019/2020.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Kutowinangun tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian dipilih   dengan   menggunakan   metode   cluster   stratified   random   sampling berjumlah 94 siswa pada kelas Realistic Mathematics Education (RME)  dan 74 siswa pada kelas induktif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes objektif berjumlah 30 nomor untuk memperoleh hasil belajar matematika kognitif. Sebelum diadakan uji hipotesis, dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesetaraan data. Analisis data menggunakan uji t-2 sampel bebas.   Peneliti   menggunakan   aplikasi   SPSS   16   utnuk   menganalisis   data penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. pada variabel bebas dengan pendekatan RME sebesar 0.000, sedangkan nilai Sig. pada variabel bebas dengan pendekatan induktif sebesar 0.004 dengan membandingkan nilai pretest dan posttest, yang membuktikan bahwa pendekatan RME dan induktif efektif. Namun untuk hasil belajar matematika yang menggunakan pendekatan RME lebih baik dari yang belajar menggunakan pendekatan induktif. Hal ini bisa dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan uji t-2 sampel bebas nilai Sig. sebesar 0.000 dengan taraf signifikan ? = 0.05.

Berdasarkan  hasil  penelitian  tersebut  dapat  disimpulkan  bahwa  hasil belajar matematika yang menggunakan pendekatan RME lebih baik dibandingkan dengan  yang menggunakan pendekatan induktif pada   siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Kutowinangun tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci : Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), Pendekatan
Induktif dan Hasil Belajar Matematika