Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Complete Sentence Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IVA SD Negeri Dukuhan Kerten No. 58 Tahun Ajaran 2019/2020)


Oleh :
Nidya Ayu Oktavia - K7116129 - Fak. KIP

Abstrak

Keterampilan menulis karangan narasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik kelas IVA SD Negeri Dukuhan Kerten No. 58 Tahun Ajaran 2019/2020 masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dengan menerapkan model pembelajaran Complete Sentence pada peserta didik kelas IVA SD Negeri Dukuhan Kerten No. 58 Tahun Ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. PTK yang dilaksanakan dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; 4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IVA SD Negeri Dukuhan Kerten No. 58 Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 27 peserta didik, terdiri dari 15 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles-Huberman dan teknik analisis data deskriptif komparatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik kelas IVA SD Negeri Dukuhan Kerten No. 58 Tahun Ajaran 2019/2020 dalam aspek isi, organisasi isi, kosakata, pengembangan bahasa dan mekanik. Skor keseluruhan aspek tersebut mengalami peningkatan pada setiap aspeknya. Perolehan skor ketuntasan klasikal pada saat pratindakan adalah 7,41% meningkat pada siklus I menjadi 44,44?n meningkat menjadi 77,78% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan yaitu penerapan model pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik kelas IVA SD Negeri Dukuhan Kerten No. 58.

Kata Kunci: keterampilan menulis, karangan narasi, model pembelajaran Complete Sentence.