Abstrak


Proses Produksi Program Berita Liputan 6 Pagi Daerah Di Sctv – Indosiar Biro Jawa Timur


Oleh :
Widyawati Kusuma Dewi - D1417039 - Sekolah Vokasi

ABSTRAK

Sebagai salahsatu media penyiaran, televisi mempunyai peran besar terhadap kehidupan masyarakat, khususnya dalam penyebaran informasi. Pada prakteknya, televisi hadir dengan sajian berupa gambar gerak dilengkapi suara yang membuat perannya semakin banyak diminati khalayak. Karena dianggap mempunyai daya yang powerfull dalam menyajikan sebuah informasi .
Dewasa ini, banyak sekali stasiun televisi yang berlomba – lomba menjadikan programnya sebagai pelopor media pemberitaan terbaik. Salahsatunya adalah program Liputan 6 SCTV yang terkenal dengan slogannya “teraktual, tajam dan terpercaya”. Namun setelah SCTV dan Indosiar  resmi bergabung dibawah PT EMTEK.  Beberapa  transmisi  lokal kedua  stasiun  tersebut  menjalin  kerjasama produksi siaran bersama. Salahsatunya, SCTV – Indosiar Biro Jawa timur.
Pada dasarnya, selain menjadi persyaratan kelulusan dan memperoleh gelar Ahli Madya (A.md). Tujuan Kuliah Kerja Media (KKM) tidak  lain sebagai proses pembelajaran yang bersifat kulikuler, menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan pencapaian belajar selama di bangku perkuliahan dengan dinamika bekerja di dunia professional.  Dimana  dalam kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) di SCTV – Indosiar biro Jawa Timur. Penulis mendapatkan pengalaman terlibat langsung dalam keseluruhan proses produksi program berita Liputan 6 pagi daerah dari pra produksi sampai pasca produksi.

Kata kunci : Televisi , SCTV – Indosiar, Proses produksi