Abstrak


Analisis Kontribusi Pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan dalam Meningkatkan Rasio Kemandirian Keuangan Daerah Kabupaten Wonogiri (Tahun 2016-2019)


Oleh :
Etika Lia Permatasari - F3417024 - Sekolah Vokasi

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kontribusi pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan terhadap pendapatan asli daerah serta kontribusinya dalam meningkatkan kemandirian keuangan daerah Kabupaten Wonogiri pada tahun 2016-2019. Analisis data yaitu dengan cara menganalisis data terkait studi kepustakaan yang ada dengan data sekunder dari BPKD Kabupaten Wonogiri serta wawancara.

Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kontribusi penerimaan pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan terhadap pajak daerah tahun 2016-2019 tergolong kurang dengan rata-rata persentase 10,84%. Tingkat kontribusi penerimaan pajak bea perolehan hak atas dan bangunan terhadap pendapatan asli daerah tahun 2016-2019 tergolong sangat kurang dengan rata-rata persentase 3,81%. kemandirian keuangan daerah Kabupaten Wonogiri tahun 2016-2019 tergolong sangat rendah dan rata-rata persentase hanya 0,16%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kontribusi bea perolehan hak atas tanah dan bangunan dalam meningkatkan kemandirian keuangan daerah Kabupaten Wonogiri masih sangat rendah pada tahun 2016-2019.

Berdasarkan penelitian, penulis memberikan beberapan saran kepada BPKD Kabupaten Wonogiri antara lain terus melakukan upaya penggalian sumber-sumber daerah yang berpotensi meningkatkan penerimaan daerah serta menaikan NJOP sesuai dengan harga yang berlaku saat ini.

Kata kunci: Kotribusi, Kemandirian, BPHTB, Keauangan Daerah