Abstrak


Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ekspor Non Migas di Jawa Tengah Januari 2015 – Juli 2019


Oleh :
Khairani Pambudhi Utami - F1117036 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Abstrak

Ekspor merupakan salah satu sumber utama devisa negara di Indonesia. Menurut data yang didapat dari BPS (Badan Pusat Statistik), ekspor di Indonesia khususnya di Provinsi Jawa Tengah mengalami peningkatan selama 4 tahun terakhir yaitu dari tahun 2015-2018. Maka dari itu penelitian ini ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor pada sektor non migas di Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh inflasi terhadap ekspor non migas di Jawa Tengah pada Januari 2015 – Juli 2019, 2) Untuk mengetahui pengaruh kurs valas terhadap ekspor non migas di Jawa Tengah pada Januari 2015 – Juli 2019, 3) Untuk mengetahui pengaruh BI rate terhadap ekspor non migas di Jawa Tengah pada Januari 2015 – Juli 2019.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitaif yaitu berupa data runtut waktu (time series) ekspor non migas Jawa Tengah, inlfasi Jawa Tengah, Kurs valas USD terhadap Rupiah, dan BI Rate pada tahun 2015 – Juli 2019 yang diperoleh melalui website resmi dari masing-masing lembaga. Analisis data yang digunakan adalah dengan regresi linear berganda yang digunakan untuk mengatahui pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen. Pengolahan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan aplikasi spss 23 dan eviews 10.
Dari hasil penelitian yang dilakukan faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor non migas di Jawa Tengah kesimpulannya adalah inflasi, kurs valas dan BI rate berpengaruh secara parsial terhadap ekspor non migas di Jawa Tengah pada Januari 2015 – Juli 2019. Sedangkan secara simultan inflasi dan BI rate berpengaruh negatif terhadap ekspor non migas di Jawa Tengah pada Januari 2015 – Juli 2019, dan kurs valas berpengaruh positif terhadap ekspor non migas di Jawa Tengah pada Januari 2015 – Juli 2019.
Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka saran yang diberikan oleh peneliti yaitu pemerintah diharapkan agar lebih memperhatikan kebijakan yang dikeluarkan dan dilakukannya evaluasi guna meningkatkan ekspor non migas di Indonesia khususnya di Jawa Tengah.

Kata kunci: ekspor, inflasi, kurs valas, BI rate