Abstrak


Analisis Peranan Computational Thinking dalam Pencapaian Keterampilan Abad Ke-21 Menggunakan Media Berbasis Robotika pada Siswa Pendidikan Menengah Kejuruan


Oleh :
Saehful Amri - K3515053 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pencapaian computational thinking dalam pencapaian keterampilan abad ke-21 menggunakan robotika pada siswa kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 5 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam beberapa tahap, dengan pelaksanaan observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 5 Surakarta yang berjumlah 8 siswa. Sumber data berasal dari hasil observasi dan wawancara siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan analisis tematik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam konteks kegiatan pembelajaran yang melibatkan robotika ketika siswa merancang, merangkai, dan memprogram robotika dapat memfasilitasi siswa dalam mencapai semua aspek komponen keterampilan computational thinking yaitu dekomposisi, abstraksi, algoritma, modularitas, dan generalisasi. Berdasarkan hasil analisis data, relevansi indikator keterampilan computational thinking dengan indikator keterampilan abad ke-21 didapatkan kesimpulan bahwa pencapaian keterampilan computational thinking berperan dalam memicu operasionalisasi keterampilan abad ke-21 yaitu kreativitas, inovasi, pemikiran kritis, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, pembelajaran untuk belajar, metakognisi, komunikasi, kolaborasi, dan kerja tim.

Kata Kunci: Computational Thinking, Keterampilan Abad Ke-21, Robotika, Pendidikan Menengah Kejuruan