Abstrak


Pengaruh Corporate Social Responsibility Pada Komitmen Organisasi Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja dan Dimoderasi Persepsi Industri Perbankan


Oleh :
Bagas Adianto - F1217012 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) pada Komitmen Organisasi yang dimediasi oleh kepuasan kerja dan dimoderasi Persepsi Industri perbankan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 orang dengan menggunakanconvenience samping. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Objek penelitian adalah karyawan industri perbankan di Bank BRI Wonogiri.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) pada Komitmen Organisasi yang dimediasi oleh kepuasan kerja dan dimoderasi Persepsi Industri perbankan. Variabel Corporate Social Responsibility pada Komitmen Organisasi menunjukkan nilai 0,246, variable Persepsi Industri perbankan memoderasi positif sebesar nilai 0,203, sehingga Persepsi Industri perbankan memoderasi positif CSR dengan Komitmen Organisasi, variable kepuasan kerja memediasi hubungan CSR terhadap komitmen organisasi dengan memiliki nilai 0,499.
Oleh karenanya sebuah perusahaan harus memiliki Corporate Social Responsibility (CSR) yang baik untuk mencapai, kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan komitmen organisasi tersebut.

Kata Kunci: Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja