Abstrak


Pengaruh Ketidaksopanan Pelanggan Pada Kelelahan dan Brand Commitment Karyawan Yang Dimoderasi Oleh Kecerdasan Emosional, Orientasi Pelanggan, Kooperasi dan Kompetisi Rekan Kerja (Studi pada Karyawan Frontline Swalayan di Kabupaten Ngawi)


Oleh :
Ariani Aghta Pramesti - F1218008 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh Ketidaksopanan Pelanggan Terhadap Kelelahan Kerja dan Brand Commitment Karyawan yang Dimoderasi oleh Kecerdasan Emosional, Orientasi Pelanggan, Kooperasi dan Kompetisi Rekan Kerja. Penelitian ini dilakukan di swalayan di Kabupaten Ngawi yaitu pada Luwes Ngawi dan Tiara Supermarket. Diambil dengan cara survei online dengan teknik snowball sampling. Kriteria responden adalah karyawan frontline yang berada di swalayan. Penelitian ini memperoleh 182 responden dengan menggunakan kuesioner online.
Pengujian model yang diajukan menggunakan PLS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ketidakdopanan Pelanggan berpengaruh positif pada Kelelahan Kerja, Kelelahan Kerja berpengaruh negatif pada Brand Commitment karyawan, Kelelahan memediasi pengaruh Ketidaksopanan Pelanggan pada Kelelahan Kerja, Kecerdasan Emosional  memoderasi pengaruh Ketidaksopanan Pelanggan pada Kelelahan Kerja, Orientasi Pelanggan tidak memoderasi pengaruh Ketidaksopanan Pelanggan pada Kelelahan Kerja, Kooperasi Rekan Kerja memoderasi pengaruh Ketidaksopanan Pelanggan pada Kelelahan Kerja, dan Kompetisi Rekan Kerja tidak memoderasi pengaruh Ketidaksopanan Pelanggan pada Kelelahan Kerja.

Kata Kunci : Ketidaksopanan Pelanggan, Kelelahan Kerja, Brand Commitment,
Kecerdasan Emosional, Orientasi Pelanggan, Kooperasi, Kompetisi